Pages

Monday, May 27, 2013

KEAJAIBAN BERBAGI

Berbagi...

Apa yang terlintas dibenak kita, ketika kita mendengar kata "Berbagi"..

Banyak hal yang bisa disandingkan dengan kata berbagi.. 
Ada berbagi rizki.. berbagi ilmu.. berbagi kebahagiaan.. berbagi kesedihan.. berbagi cerita dan masih banyak lagi..

Berbagi itu.. ketika kita memiliki sesuatu.. dan kita membaginya dengan saudara kita.. teman kita.. sahabat kita.. intinya orang lain diluar kita..

Kali ini.. aku ingin berbagi hasil renunganku tadi siang.. hehehe..

Ketika kita berbagi.. secara rasionalnya.. "yang ada pada kita" akan berkurang.. misalnya..
Ketika aku memiliki masalah misalnya.. lalu aku berbagi cerita dengan sahabatku.. istilahnya.. "curhat".. maka setelah curhat.. aku biasanya merasa sedihku berkurang.. hatiku terasa lebih lega.. plong.. lebih enteng.. lebih ringan.. walaupun.. ternyata masalahnya belum selesai...
Ajaib ya? hehehe..

Tapiii.. aku heran temans..
Ketika permisalan berbagi ini aku contohkan ke kasus berikut ini.. maka reaksinya berbeda..

Coba bayangkan..
Ketika kita berbagi makanan kepada orang yang lapar.. ketika kita berbagi baju-baju layak pakai kepada orang-orang yang membutuhkannya.. ketika kita berbagi ilmu yang kita punya kepada orang yang sedang memerlukannya.. 
Sudah dibayangkan?
Sudah pernah melakukannya?
Coba diingat-ingat lagi "rasa" yang muncul saat kita melakukan 3 contoh diatas...
Apa rasanya saat itu?
Apakah "ada sesuatu yang berkurang" dari diri kita? atau justru "ada rasa yang bertambah" disana?

Aku yakin.. sangat yakin.. sebagian besar jawabannya adalah.. "ada sesuatu yang bertambah" didalam diri kita.. ada sebuah rasa menyelinap dalam hati kita.. ia bagaikan turun begitu saja dari langit.. lalu secara halus dan lembut.. meresap masuk kedalam hati kita.. dan itu sungguh melembutkan hati kita...

Inilah rumus ajaibnya Allah Azza wa Jalla..
Ketika kita berbagi.. kita menjadi kaya.. kaya yang sesungguhnya.. inilah kaya yang sesungguhnya..

Ketika kita berbagi kesedihan (sesuatu yang bersifat negatif).. Allah izinkan sebagian kesedihan itu pergi dari hati kita.. namun ketika kita berbagi kebahagiaan (sesuatu yang bersifat positif) maka atas izin Allah Azza wa Jalla.. ada kebahagiaan lain yang Allah kirimkan lagi untuk hati kita... sehingga kebahagiaan itu bukan berkurang.. tapi justru bertambah..

Ketika kita dilanda amarah yang membara.. serta merta ingin kita tumpahkan semua rasa kesal kita.. dengan berbagai macam cara.. ada yang ngamuk sejadi-jadinya.. ada yang membanting pintu "Brakk".. ada yang membanting piring.. "Prangg" (aiihh.. beresin lagi sendiri ya) dan sebagainya.. 
Setelah kita menyalurkan energi marah kita.. mungkin saja amarah kita yang tadinya membumbung tinggi itu berkurang..walau masalah belum terselesaikan.. tapi ini menggambarkan teori.. ketika kita berbagi hal negatif dari diri kita.. maka "ada rasa yang berkurang." 

Banyak sekali contoh-contoh berbagi hal-hal negatif.. dan hasilnya.. "ada rasa yang berkurang".. Tapi kita lupa.. ketika kita "berbagi hal negatif" maka.. ada hal negatif yang terlepas ke lingkungan kita.. ke orang-orang sekitar kita.. dan itu sungguh.. tidak nyaman bagi orang-orang sekitar kita.. serta lingkungan kita..
Pernah mendengar cerita tentang sebuah pohon yang diteriaki setiap hari? apa yang terjadi selanjutnya? pohon itu mati.. :(

Namun ketika kita berbagi hal-hal positif.. Sungguh ini aksi-reaksinya bertolak belakang dengan kasus pertama.. Inilah rahasia ilmu Allah.. 

Belakangan ini marak orang-orang menyerukan untuk sedekah.. "Bersedekahlah.. Maka engkau akan Kaya.. ini beneraaaann.. itu terbukti... eiiittt tapi jangan ngukur kaya itu dengan materi ya.. ada yang salah kaprah nih dengan metode ini.. jadinya salah niat.. pernah suatu hari.. ada yang curhat.. "padahal aku sudah sering sedekah.. tapi kenapa rizkiku segini-segini saja ya? katanya kalau sedekah bisa kaya?" *tepok jidat 
Ini nih yang bahaya.. salah niat.. kasian sama orang yang kayak gini.. amalannya amalan akhirat.. tapi transaksinya dunia.. padahal bisa dapat surga.. tapi mintanya uang saja.. 
Ini gak beda sama anak kecil yang belajar puasa.. 
Anak: "Mama, kalau aku puasa aku dapat hadiah apa?" Mama sholihah: "Dapat surga anakku", Anak: "Gak mau ma! Aku maunya laptop aja!' Mama: %$54%$#5646 *surga kalah sama laptop??? 
Nah.. sama itu kasusnya dengan orang yang sedekah dan berharap "kaya"
Sedekah itu niatnya mengharap ridho Allah sajaaa.. wong hartanya juga milik Allah kok.. trus disedekahin ke orang.. kok mintanya dibalikin lagi dalam bentuk yang sama kalau bisa berkali-kali lipat.. gitu kan? haduuhh.. 
Ini harta milik Allah. kita hanya dipinjamkan saja... 
Ya Allah.. ini harta milik Engkau.. aku ingin berbagi dengan hamba-hambaMU yang lain.. yang memerlukannya.. Ridhoi aku ya Allah.. catatkan ini sebagai amal baikku ya Allah.. hingga Engkau Ridho dan berkenan menurunkan RahmatMU untukku Ya Robb.. 
Begitu juga dengan ilmu.. semua ilmu yang ada didunia ini ilmu Allah.. kita sih aslinya bodoh.. jelas-jelas dalam Alqur'an dijelaskan.. Allah yang mengajarkan Nabi Adam berbicara.. dan mengajarkan nama benda-benda.. Jadi semuanya ilmu Allah.. milik Allah.. ini kita cuma dipinjemin ilmu.. ilmu juga kita minjem.. itu buktinya suka lupa..udah kuliah.. pelajaran SMP sebagian udah nguap.. masuk dunia kerja lebih-lebih lagi deh.. rumus volume bola apa ya? mitosis miosis itu sejenis makanan atau hobi? sentrifugal itu anak siapa? aiihh.. hehehe.. ya itu dia.. karena memang kita dipinjemin ilmu..
Semua milik Allah.. harta, ilmu, anak, istri, suami, tahta, paras yang tampan dan cantik dll,.. bukan milik kita..
Bahkan kita takkan sanggup membeli surga.. Dengan apa kita mau membelinya? kita tak punya apa-apa disini.. Semua milik Allah.. Makanya kita hanya mengharap Ridho Allah sajaaa.. Sudah.. Tak ada yang lain..

Nantii..Kalau Allah sudah ridho.. jangankan dunia.. Surgapun Dia beri.. 

Ketika kita berbagi.. dan mengaharapkan ridho Allah saja.. maka.. kita langsung kaya.. saat itu juga.. karena.. ada rasa yang bertambah didalam hati kita.. ada bahagia yang Allah titipkan dihati kita.. itulah kekayaan kita.. saat itu juga.. Allah bayar tunai.. dengan kebahagiaan yang menyelinap dalam relung hati kita..

Ketika kita sedang dilanda kesedihan.. Cobalah untuk tidak berbagi kesedihan kita.. ini bukan tidak boleh.. tapi cobalah resep kedua.. berbagilah kebahagiaan..sederhana saja.. sambungkan tali silaturahim.. perbanyak senyum diwajahmu.. berbagi nasihat kepada orang yang juga sedang bersedih mungkin.. membantu orang lain yang sedang kesusahan.. lalu.. rasakan apa yang terjadi.. tak bisa kita hanya membayangkannya saja... kita harus melakukannya.. ada keajaiban yang hanya bisa dirasakan ketika kita melakukannya.. 
Kesedihan kita tak hanya berkurang.. bahkan tergantikan dengan rasa bahagia.. percayalah.. buktikan saja.. Ini namanya kita melakukan lompatan.. jadi fokusnya bukan menghilangkan kesedihan.. tapi menciptakan kebahagiaan..cobalah..

Ketika kehidupan dunia kita menjadi lebih baik setelah kita rajin berbagi (hal-hal positif, baik harta,ilmu dll).. itu perkara lain.. itu bukan karena sedekahnya.. itu karena Allah yang turunkan.. Allah yang mudahkan.. Jangan kita kira.. harta berlimpah, kemudahan urusan semata-mata karena jerih payah kita.. sungguh peran kita disitu sangat kecil.. semua semata-mata izin dan kehendak Allah saja..

Lagian bisa dijelaskan kok kenapa orang yang rajin berbagi justru semakin bertambah hartanya/ilmunya.. gini nih penjelasan sederhananya..
Allah itu jadi percaya sama kita (Subhanallah.. bahagianya seorang hamba ketika Robbnya telah percaya dengannya).. karena harta/ilmu yang Allah titipkan.. tidak kita habiskan sendiri.. tidak dikekepin sendiri (digenggam sekuat-kuatnya/pelit).. tapi kita bagi.. makanya Allah menitipkan harta lagi yang banyak.. ilmu lagi yang banyak.. karena Allah sudah lihat kerja kita.. amal kita.. kita memberi manfaat buat saudara-saudara kita yang lain.. jadi Allah tambahkan lagi harta kita.. lagi..lagi dan lagii.. Allah tambahkan lagi ilmu kita.. lagi ..lagi dan lagi.. buat kita bagi lagi.. bagi lagi dan lagii..

Berbagilah kebaikan lagi.. lagi.. dan lagi.. Berbagilah kebaikan dari dirimu.. ilmu yang ada padamu.. senyummu.. hartamu.. bahagiamu.. wajah berserimu.. cerita indahmu..doa-doamu.. Bahagiakan dirimu.. dengan ridho Allah Azza wa Jalla





No comments:

Post a Comment