Pages

Friday, May 24, 2013

SEBUAH HARAPAN, UNTUK SEGALANYA

Pernah merasa kesal sama orang lain? mungkin karena sikapnya.. ucapannya.. dll.
Aku dong kemarin rasanya kesaaaaalll sekali.. eh ini bukan bangga.. Aku mau cerita.. Biar jangan sampai terlanjur kayak aku kemarin.. ihh gak enak banget rasanya.. Beeneran deh.. Galau gitu.. *tsaahh.. keseret arus remaja..

Karena merasa gak enak itu.. Aku berusaha menyelami diriku sendiri.. Mengenal lagi siapa sih aku?
Loh kok malah cari tau tentang diri kita sendiri? kan yang ngeselin orang lain?
Protes kan tuh rasanya.. tenang dulu.. Tadinya aku juga agak bingung.. kenapa hatiku nyuruh aku kenalan dengan diriku sendiri.. ini karena dialog yang terjadi kemarin.. Dialog antara Aku dan Saya..
Nah loh.. ?!.. Biar gak bingung.. aku ceritain yaa..

Disebuah sore yang indah.. Aku dan Saya duduk diberanda hati.. mereka saling bicara.. tentang sebuah cerita.. cerita tentang kita.. Dimulai dengan Aku yang curhat tentang kisahnya..

Aku: Aku kesal dengan sikapnya terhadapku tadi.. harusnya kan tidak begitu sikapnya terhadapku..

Saya: Loh.. apa yang mendasari bahwa orang harus bersikap baik terhadap aku?

Aku: Ya karena aku kan tidak menjahatinya.. kok dia berlaku tidak baik terhadapku?

Saya: Iyaa.. tapi apa jaminannya orang lain tidak boleh berbuat tidak baik terhadap aku?

Aku: .... *terdiam*... *berpikir*..

Saya: Mau dengarkan saya bicara tidak? Saya tidak akan mengajari aku tentang apapun.. Saya hanya mengajak diriku berpikir.. Mengapa muncul rasa kesal..

Aku: Hmmm.. Boleh..

Saya: Aku harus sadar.. bahwa..Semua rasa hati itu.. baik senang, gembira, sedih, marah, kecewa dan lain sebagainya.. hanyalah tentang "harapan".. tidak lebih dari itu..

Aku: *mengernyit* Maksudnya?

Saya: Iya.. hanya sebuah harapan.. Ketika sebuah kejadian sesuai dengan harapan aku.. maka aku akan senang dan gembira.. namun jika terjadi sebaliknya.. aku akan sedih, marah, kecewa dll..

Aku: *mengangguk-ngangguk sambil merenungi kalimat demi kalimat ini*.. Tapikan aku manusia.. aku selalu punya harapan.. bagaimana mungkin seorang manusia hidup tanpa harapan?

Saya: Ohhh tentuuu.. Aku tidak salah mempunyai harapan.. Tapi kalau saya lebih memilih mengarahkan harapan saya kepada yang lebih pasti.. yang tak berubah2..

Aku: *mengernyit* Maksudnya?

Saya: Sekarang gini.. Kalau manusia itu hari ini baik sikapnya.. lalu besok kurang baik.. nah.. itu sifatnya tetap atau berubah-ubah?

Aku: Yaaa.. berubah-ubah sih..

Saya; Nahhh... itu dia jawabannya..

Aku: Hah? *melongo* Nanti duluuu.. Aku belum ngerti nii..

Saya: *tersenyum* Begini.. kalau sudah tau sifat manusia itu berubah-ubah.. maka.. aku tidak boleh meletakkan harapan pada manusia..
Letakkan harapanku pada "sesuatu" yang lebih "tetap" sifatnya.. apapun sikap kita.. "sesuatu" itu tetap pada sifatnya.. misal.. kalau kita menyapanya ia baik terhadap kita.. kalau kita lupa menyapanya ia juga tetap baik terhadap kita.. tapi kalau kita melakukan kejahatan ia tegur kita karena sayangnya dia kepada kita.. dia akan munculkan rasa "cemas" dihati kita atas perbuatan buruk kita..
Gimana? setuju gak?!

Aku: Hmmm.. setuju sih.. tapi .. "sesuatu" itu apa? siapa? trus.. gimana caranya?

Saya: Sesuatu itu adalah.. "Ridha Allah"
Ketika aku menyandarkan harapan dari segala harapan hanya kepada Ridha Allah.. maka tak satupun yang dapat membuat hatiku terluka.. Walaupun sedunia mengejek aku.. mentertawakanku.. mencelaku.. mengucilkanku.. selama aku melakukan sesuatu yang mendatangkan ridha Allah.. maka ejekan, celaan, dan sebagainya itu takkan membuatku bersedih, marah atau kecewa secara berlebihan..
Aku mungkin saja sedih.. tapi sedih yang sekejap saja.. aku mungkin marah.. tapi marah yang sekejap saja.. seperti usia kita di dunia ini yang hanya sekejap saja..

Aku; *menyimak dengan seksama*

Saya: misal lagi.. apa kasusku tadi? kesal dengan orang ya? yuk kita urai..
kalau harapanku adalah orang itu selalu baik terhadap aku.. orang itu selalu mengerti aku.. dsb.. maka.. ketika orang itu melakukan hal sebaliknya.. aku akan sedih, kecewa, marah..

Sekarang aku rubah..
Harapannya aku ganti menjadi mengharap ridha Allah..

Maka ketika orang tersebut tidak baik terhadap aku sikapnya.. mungkin aku sedih, kecewa bahkan marah.. tapii.. yuk langsung kembali ke harapan.. ohh.. mengharap ridha Allah.. makaaa.. aku takkan membalas sikap orang itu dengan marah kepadanya.. aku tidak akan membalasnya dengan kembali membuatnya sedih seperti yang ia lakukan terhadapku.. Mengapa??... Yaa.. Karena Allah tidak akan ridha dengan sikapku yang buruk.. kalau aku membalas sikap buruk dengan perbuatan buruk lagi, maka Allah takkan ridho terhadapku.. lalu berarti.. aku tak dapat menggapai harapanku...padahal harapanku adalah memperoleh ridha Allah.. Merugilah aku..
Jadi aku akan tetap bersikap baik kepadanya.. aku akan tetap menjawab sapaannya.. aku akan tetap bersedia diajak bicara.. aku akan bersikap seperti biasanya.. seperti saat ia belum membuatku sedih seperti kemarin.. kalau perlu aku akan bersikap lebih baik lagi daripada sikapku sebelumnya terhadap dia.. karena aku yakin.. Allah pasti ridho terhadap sikapku.. sikapku yang membalas keburukan dengan kebaikan.. gitu kan?! Bukan saya sok tau.. tapi indikatornya mudah kok.. indikatornya itu hati kecil.. ketika hatiku tentram.. maka itu benar.. tapi kalau hati kecilku gelisah.. maka itu dosa/kesalahan, dan harus segera diperbaiki.. Gimana?


Aku: Hmmm.. Aku mengerti... Iya ya..benar juga..
Mulai sekarang aku mau merubah harapanku.. aku hanya mengharap ridha Allah saja..
Karena aku sayang diriku.. Aku tak rela jika ada orang lain menyakiti hatiku.. membuatku bersedih, marah dan kecewa.. Aku berhak bahagia.. Aku berhak memilihkan "rasa bahagia' memenuhi relung hatiku.. hingga "sedih, marah, kecewa dll" tak sanggup lagi menyusup kedalamnya sedikitpun..



Alhamdulillah... seketika hatiku merasa tentram.. hilang sudah rasa pedih tadi.. hapus sudah air mata tadi.. hatiku tentram.. bibirku tersenyum.. aku tau pasti.. Allah yang turunkan rasa ini.. Alhamdulillah.. Terima Kasih Ya Allah.. Bimbing aku selalu untuk meletakkan harapanku hanya mencari Ridha Mu.












No comments:

Post a Comment